Jumat, 17 Agustus 2012

Ayam Kecap


Suara bising pukul 4:15 pagi cukup menghempaskan beban yang ada dimata gue . Gue terbangun dengan raut yang masih linglung dengan satu mata masih tertutup. Detik pertama gue bangun, gue tau bahwa hari ini bulan puasa dan musti saur. Dengan nyawa yang baru 70% terkumpul gue jalan dengan lunglai nya ke ruang tv untuk saur. Disana sudah ada Bokap dan Nyokap gue. Tiba-tiba nyokap dengan sedikit ngomel ngomong, 

“tuhkan kita kesiangan , mana sayur cah kangkungnya belom dimasak lagi!” sambil menunjukkan baskom yang berisi sayur kangkung beserta bumbunya

“bangunin adek kamu tuh!” lanjut nyokap memerintah

“emang sekarang jam berapa sih? Masak aja dulu Maa gapapa ko. ditungguin” gue ngomong lebih mirip orang berkumur. faktor ngantuk

“apanya yang dimasak, sekarang udah jam 4:15 lewat, ga bakal sempet. Papa kamu tuh gimana sih, udah bangun jam setengah 4 bukannya bangunin mama malah Cuma nonton tv. Keasyikan nonton baru sadar udah jam 4 lewat, baru deh bangunin Mama!” 

            “ beli lauk diluar aja ma, warteg di depan Gang buka ko sahur-sahur gini” dengan santainya bokap memberi pendapat dengan remote teve yang masih melekat di tangannya. Masih asik memperhatikan acara yang gue ga tau itu apa. Ga sempet memperhatikan

            “yaudah ga ada pilihan lain, mau apa lauknya?” Tanya nyokap ke gue dan Papa dengan sedikit rasa kesal yang masih menggelayuti. Dengan kompaknya – gue dan papa – jawab,

            “terserah Mama, yang ada aja disana”

“oke, kamuu jangan lupa bangunin adekmu tuh, ntar dia ngamuk kalo ga dibangunin saur!”
            “iya Maa” sembari garuk-garuk kepala

Gak lama gue ke kamar adek gue untuk bangunin dia. Melihatnya masih dibungkus selimut karna udara dingin subuh hari membuat gue iri untuk melanjutkan kegiatan rutin sakral gue. Tidur

            “Woy! Banguun! udah mau subuh!” sambil menggoyang-goyang kan badannya yang mirip kepompong

            “ah lu mah tiap bangunin saur gitu mulu. Kemarin lu bangunin gue masih jam 3 juga lu bilang udah mau subuh” jawab adek gue dengan perasaan tak percaya seratus persen

“serius… terserah ye lu mau percaya apa engga, jangan marah kalo tau-tau denger azan dan lu gak saur. Intinya gue udah ngebangunin” dengan sedikit cuek gue pergi dari kamarnya

tak lama terdengar suara orang sholawatan dari arah speaker masjid. Kontan adek gue yang tadinya anteng dibungkus selimut dengan sergapnya loncat dari kasurnya. Kaget Menyadari bahwa saat itu memang sudah hampir subuh

“anjiir udah mau subuh beneran!!” matanya yang sipit langsung berubah menjadi belo hanya karna mendengar suara orang sholawatan. Ajaib memang.
Kemudian gue liat dia jalan dengan sigap ke arah gue. Terlihat jelas matanya mencari-cari hidangan saur.

            “mana makanan nya? Belom disiapin? Mama mana?” Tanya nya bingung

            “gimana mau disiapin, di masak aja belom. Noh kalo mau lu gadoin kangkung haha” timpal gue sambil terkekeh

            “hah belom masak apanya?!! Mama mana sih?”

            “Mama ke warteg beli makanan buat sahur” jawab gue enteng

            “ko ke warteg siih!”

            “lu pikir tempat mana yang pas buat beli makan subuh-subuh gini, ke KomNas HAM?” 

            “bukan itu, maksud gue ngapain Mama beli makanan lagi, kan dia udah masak Ayam Kecap Manis tadi malem!”

            “HAH?!! Serius?!” Tanya gue kaget, Berbarengan dengan papa gue yang kontan bangun dari tempat duduknya

            “liat aja coba di dapur, mungkin ayamnya masih di peggorengan diatas kompor”

Dengan cepatnya gue jalan ke arah dapur untuk memastikan, tak ketinggalan Papa pun berjalan dibelakang gue. Benar saja, terlihat satu penggorengan besar diatas kompor yang mejeng dengan indahnya, belum yakin gue dengan isinya – yang seperti dibilang adek gue – ayam kecap. dengan rasa penasaran yang menggebu-gebu gue menghampirinya dan berdiri tepat di depan penggorengan itu. Penggorengannya tertutup

            Seketika tangan kanan gue sudah memegang pegangan tutup penggorengan itu. Aliran darah seketika mengalir deras, jantung berdetak sangat cepat melebihi detak orang normal, pupil gue membesar, hidung kembang kempis, gigi kuning, mata merah, bulu ketek menjuntai .. siap menyambut isi dari penggorengan itu .. saat tangan gue membuka tutup nya tiba – tiba .. 

            JEGERRR …

Satu ekor ayam kecap manis yang sudah matang dengan indahnya terpampang didepan gue. Lutut rasanya langsung lemes ..
 haduhhh ---___---



Tidak ada komentar:

Posting Komentar