Jumat, 26 Oktober 2012

tugas yang menyayat hati




                Hey guuyss!! (ala Ikang Fauzi di Iklan *n Clinic)

Lagi mau cerita tentang kuliah gue nih

Emang lu udah kuliah mi?

Iya Saat ini gue udah kuliah di Politeknik Negeri Jakarta atau disingkat PNJ. Ada yang tau PNJ dimana? Atau pada belum tau atau belum engeh PNJ itu dimana? 

Oalahh PNJ mah itu .. ngg yang di Rawamangun kan?       
       
Bukaaan, itu mah UNJ. Jadi PNJ itu dulu bekas (kayaknya gaenak banget ya ‘bekas’, oke kita ganti dengan ‘mantan’), iya jadi PNJ itu dulu mantan 1 kampus dengan UI. Satu naungan lah. Dulu namanya Politeknik UI, kemudian entah tahun berapa gue lupa, dia memisahkan diri dari UI dan berganti nama menjadi Politeknik Negeri Jakarta. walaupun lokasinya masih bertempat di kawasan UI depok tapi menyandang nama Jakarta

Gue kuliah di jurusan Teknik Elektronika dengan Program Studinya Teknik Listrik. Eitss jangan anggep kalo orang-orang yang berkuliah di teknik listrik bakal jadi kaya tukang-tukang PLN yang suka narik kabel, masang kabel ke tiang listrik, dan foto-fotoin KWH meter di tiap depan rumah orang ya. Gak gitu. Gak sekecil itu ruang lingkup kerjanya kok. Justru bisa dibilang teknik listrik itu punya ruang lingkup pekerjaan yang cukup luas dibanding dengan apa yang dibayangkan oleh orang selama ini.

Oya, di PNJ juga sistem atau cara kuliahnya gak kaya universitas kebanyakan, PNJ itu sistem belajarnya seperti sekolah lagi. Jadi jadwal Mata Kuliah ada dari Pagi sampai Siang, pokoknya jadwalnya tuh berurutan gak ada yang kosong. Persis seperti sekolah. Kalo yang gue tahu kan univesitas kebanyakan misah-misah tuh jam kuliahnya. Misal kuliah pertama jam 8 sampe jam 10 trus mata kuliah selanjutnya ada di jam 1 sampe jam 3, ya intinya seperti itu, misah. Kalo PNJ engga gitu. Terus dari jam 7.30 (untuk yang masuk pagi) sampe jam 3 sore . gak selalu jam 3 sore juga sih, gue pun ada hari dimana jadwal matkul Cuma sampe jam setengah 1.

Dan bisa dibilang politeknik itu ga sebebas universitas kebanyakan, ada peraturan yang mirip seperti di sekolah, seperti untuk kaum pria ga boleh rambut panjang, terus ga boleh pake sandal atau sepatu sandal ke kampus dan ga boleh pake baju kaos atau yang tak berkerah ke kampus. Terus juga Yang banyak gue denger dari kaka kelas dan dosen, di politeknik akan sangat banyak dikasih tugas. Dan memang, sampai saat ini gue merasa statement itu benar. tapi  bukan tanpa alasan juga Poltek (sebutan yang biasa dipake untuk politeknik) ngasih aturan dan tugas yang cukup ketat. 

Jadi gini, kemungkinan besar dan kebanyakan lulusan dari poltek akan menlanjutkan atau bekerja di industri, nah dalam setiap industry pastinya punya aturan dan disiplin kerja yang cukup ketat jadi poltek berusaha untuk membuat aturan yang hampir sama ketatnya seperti di industry agar kami para mahasiswa politeknik terbiasa dengan peraturan yang strict atau ketat seperti itu. Biar gak kaget lah!

Oh gitu mi. terus mata kuliah apa yang lu merasa sampai saat ini sudah banyak membantu dalam membuat lu kelimpungan dan stress?

Haha iyaiya ada, Salah satu mata kuliah yang tugasnya terkadang bikin gue kelimpungan. Sebut saja Gamtek alias Gambar Teknik. Terdengar mengasyikkan memang dengan mata kuliah ngegambar, tapi ternyata tugasnya seringkali tak semenyenangkan namanya. Emang sih gambar namun kita harus memperhatikan aturan-aturan yang berlaku dalam menggambar ala-ala orang teknik. Tugas-tugas awal tuh kita diminta untuk menggambar sesuai yang ada di diktat, jadi gambar konstruksi-konstruksi yang membentuk siku-siku lah, konstruksi garis sejajar lah, konstruksi membagi sudut 900 menjadi beberapa bagian dan banyak lagi deh pokonya.
Actually, this is fun. Tapi dosennya itu kalo ngasih tugas kaya ga sayang anak. Sekali ngasih tugas bisa 6 gambar, 10 gambar, bahkan minggu ini tugas gue menggambar 18 Konstruksi *nyekajidat. Yang bikin kelimpungan gue lebih sempurna lagi adalah, mahasiswa diminta untuk menggambar dengan menggunakan pulpen khusus untuk orang teknik, biasa disebut Rapido, ada yang tau Rapido? Nih gue kasih gambarnya.



Jadi ini tuh pulpen yang katanya emang khusus untuk orang teknik atau arsitek. Untuk harganya ga bisa dibilang murah, 1 paket itu bisa nyampe 550 Ribu Rupiah. Terutama untuk kalangan mahasiswa irit kaya gue, harga segitu cukup mahal apalagi hanya untuk dipake selama satu semester kurang. 1 paket itu isinya 3 pulpen dengan ketebalan mata pulpen berbeda, yaitu 0.25, 0.35 dan 0.5 milimeter .. Terus kertas yang digunakan untuk gambar nya adalah Kertas Kalkir. Kertasnya itu mirip seperti kertas minyak.

Ini dia yang bikin gue kelimpungan. Dosen ngasih aturan ke mahasiswanya bahwa dalam menggambar tidak boleh ada kesalahan dalam menggunakan jenis ketebalan pulpen (yang tiga macem itu loh). Karna dalam menggambar konstruksi itu membutuhkan tiga macem pulpen itu yang masing-masing punya fungsinya. Missal, pulpen dengan ketebalan 0.25 itu fungsinya untuk menggambaar diameter, garis perpotongan, garis arsir dan masih banyak lagi.
Untuk ketebalan 0.35 dipakai untuk menggambar garis yang diketahui. Dan ketebalan 0.5 dipakai untuk menggambar benda yang terlihat dalam perspektif sudut gambar. 

Ribet ko ya mi?

Absolutely and with no doubt I say, Yes!!

Trus juga dalam menulis Nama penggambar, politeknik, tanggal dan judul gambar itu harus make Mal sablon miring. Inilah yang membuat ‘Ribet’ gue semakin sempurna. Kenapa? Mal sablon miring itu udah ga diproduksi sama perusahaan Rotring, Sekalipun ada itu juga mahal, 1 paket kemungkinan bisa sekitar 400 Ribuan. Di kelas gue Cuma ada 2 paket mal miring, satu paket adalah warisan dari kaka kelas, satunya lagi kita beli ke kaka kelas. Sehingga kelas gue make 2 paket ini bareng-bareng secara bergantian, yang padahal dalam tiap minggu ini tugasnya pasti ada dan bukan hanya 1 gambar melainkan bisa sampe belasan gambar.
Untuk nyiasatin supaya waktunya pas ada temen gue yang sampe nginep di kos temen untuk nyelesaiin semuanya, ada yang sampe maghrib di kampus hanya untuk ngerjain tugas satu itu. Struggle banget. sungguh.

Dan minggu kemarin waktunya ngumpulin 18 gambar yang udah dikerjain. Penilaiannya langsung dikelas, ditunjukkin bagaimana dosennya memberikan nilai. Semacam shock terapy kalo gue bilang. Apalagi dengan mereka yang dapet nilai C misalnya. Nilai itu sungguh bukan harapan mereka, apalagi bagi mereka yang bela-belain nginep dan begadang untuk ngerjain tugas itu. Temen gue juga sampe ada yang nangis karna dapet nilai yang menurut dia gak bisa membayar usaha dia selama seminggu kemarin. Sungguh tugas yang menyayat hati 

Terus lu dapet nilai berapa mi?

Alhamdulillahnya gue dapet nilai A :D *elusdada terbayar keletihan dan keribetan gue selama seminggu kemarin. Namun badai belum berakhir, minggu ini gue harus ngerjain 18 gambar lagi. Musti semangat *masang iket kepala*

Revenge For This !!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar