Sabtu, 27 Oktober 2012

Morrie's Quotes



            “Mematikan perasaan tidak berarti kita tidak membiarkan pengalaman meresap ke dalam diri kita. Sebaliknya, kita membiarkan pengalaman meresap secara penuh. Itulah sebabnya kemudian kita bisa mematikan rasa”
  
            “ambil contoh salah satu emosi – cinta kepada seorang wanita, atau kasihan kepada orang yang kita sayangi. Apabila kita menahan emosi-emosi itu – apabila kita tidak membiarkan diri mengalaminya – kita tidak pernah dapat mematikan rasa, kita terlalu sibuk menghadapi rasa takut. Kita takut mengalami rasa nyeri, kita takut mengalami rasa sedih. Kita takut mengalami penderitaan akibat cinta.

            Tapi dengan membiarkan diri mengalami emosi-emosi ini, dengan membiarkan diri terjun ke dalamnya, sampai sejauh-jauhnya, kita akan mengalami secara penuh dan utuh. Kita tahu arti sakit. Kita tahu arti cinta. Kita tahu arti sedih. Dan hanya ketika kita mengatakan, ‘Baiklah. Aku telah mengalami emosi itu. Aku kenal betul emosi itu. Sekarang aku perlu mematikan perasaan dari emosi itu untuk sementara’”


Morrie Schwartz
Tuesday With Morrie 


            tetapi Morrie, pada kenyataannya praktek tak semudah dan tak sesederhana teori. karena aku sempat tertipu oleh usaha ku sendiri mematikan perasaan. terkelabuhi apakah rasa sakit yang timbul oleh rasa sayang ku kepada wanita itu akibat pengalaman yang sedang meresap secara khidmat kepada epidermis hati ku, atau ini semua memang murni sakit hati? keduanya terlalu persis dan samar.

 if u were here ..


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar